IDC Prediksi Android akan menjadi OS Terbesar Pertama di Tahun 2015


International Data Corporation atau yang lebih dikenal dengan IDC belum lama ini telah merilis laporan yang cukup mengejutkan banyak pihak dalam arena ponsel pintar. Pasalnya perusahaan analisis dan research yang berfokusi di teknologi informasi, telekomunikasi dan konsumer ini merilis gambaran pangsa pasar OS pintar di tahun 2015 mendatang.
4 tahun dari sekarang, tim penelitii dan analis IDC mengabarkan bahwa platform smartphone besutan Microsoft akan mengungguli platform smartphone besutan Apple. Padahal bila dilihat sekarang, pengguna ponsel Windows Phone 7 masih jauh berada di bawah pengguna iPhone.
IDC percaya kalau pasar ponsel pintar akan tumbuh hingga 50% tahun ini dan Apple hanya akan menguasai 15.7% pangsa pasar sementara Windows Phone akan meningkat hingga 5.5% pangsa pasar. Kemudian di tahun 2015, iOS diprediksi hanya menguasai pangsa pasar sebesar 15.3% sementara Windows Phone menguasai pangsa pasar sebesar 20.9%, menjadikannya OS Smartphone terbesar kedua setelah Android.
OS Android sendiri diprediksi akan terus meningkat dari 39.5% pangsa pasar di tahun ini hingga 45.4% pangsa pasar di tahun 2015. Alasan mengapa Windows Phone bertumbuh sangat pesat dikabarkan tidak terlepas dari peranan Nokia yang akan secara bertahap mengganti Symbian dengan Windows Phone 7 untuk ponsel pintarnya.
Meski begitu prediksi IDC tersebut bisa saja diragukan karena belum ada satupun ponsel WP7 Nokia yang hadir untuk saat ini dan 4 tahun lagi merupakan waktu yang cukup panjang dan sulit untuk diprediksi apalagi di arena ponsel pintar yang memiliki persaingan sangat ketat. IDC juga meramalkan pangsa pasar ponsel pintar Symbian hanyalah 0.2% di tahun 2015 mendatang. Benarkah demikian? Kita lihat tunggu saja perkembangannya.

0 comments:

Post a Comment