Kuartal Pertama 2011 Ponsel Yang Beredar Tembus 350juta

Menurut perusahaan riset IDC, pasar ponsel global meningkat tajam pada kuartal pertama tahun ini, dengan pertumbuhan mencapai 19,8 persen.

Kenaikan ini terjadi terutama disebabkan oleh tingginya permintaan smartphone, terutama di pasar negara berkembang. Menurut perusahaan Worldwide Mobile Phone Tracker, para vendor mengirim setidaknya 371.8 juta unit di Q1 2011 dibandingkan dengan 310.5 juta unit pada kuartal pertama 2010.

IDC berpendapat bahwa pertumbuhan smartphone di seluruh dunia, khususnya di Asia Pasifik (tidak termasuk Jepang, karena dampak gempa bumi dan tsunami), Timur Tengah, Afrika dan Amerika Latin, membantu mengangkat pasar secara keseluruhan untuk kuartal pertama yang mencapai rekor tertinggi.

Di Amerika Serikat, iPhone Apple dan HTC Thunderbolt adalah dua perangkat (diperkenalkan pada Verizon Wireless) yang membantu menjaga posisi depan smartphone dan pusat pasar telepon seluler secara keseluruhan kuartal terakhir. BlackBerry, iPhone, dan Android adalah perangkat dengan penjualan terbaik, kata IDC, dan kecenderungan yang sama terlihat di Kanada.

Di Eropa Barat, ponsel berbasis Android dan iPhone membantu mengembangkan pasar pada kuartal musiman yang cenderung lambat. Perangkat Baru dari HTC, Samsung, dan Sony Ericsson dijual baik di kebanyakan negara yang menyasar di segmen high-end.

Apple mempertahankan nomor yang 4 titik di daftar Top IDC 5, berkat seperempat rekor untuk pengiriman unit. Perusahaan juga mencatat laju pertumbuhan tertinggi dari para pemimpin di seluruh dunia, dengan pangsa pasar naik sampai 5 persen.
Nokia vendor terbesar ponsel saat in, meskipun pangsa pasarnya turun dari 34,7 persen menjadi 29,2 persen.

0 comments:

Post a Comment