iPhone 3GS Di Amerika Lebih Laku Daripada Android

Ponsel Android boleh saja mengungguli keseluruhan penjualan iPhone, namun Apple terlihat masih memiliki daya tarik sangat kuat bagi konsumen gadget di Amerika. Perlu diingat kalau Apple hanya memiliki 1 jenis ponsel saja yang saat ini baru memasuki generasi keempat.

Tidak perlu dibandingkan dengan iPhone 4 yang merajai ponsel terlaris di Amerika (AT&T dan Verizon) yang usianya baru 10 bulan. Apple Insider malah melaporkan kalau angka penjualan iPhone 3GS pun masih lebih tinggi daripada ponsel Android terbaru yang menduduki peringkat atas, seperti HTC Inspire dan Motorola Atrix. Padahal soal spesifikasi iPhone 3GS bisa dibilang kuno bila dibandingkan dengan dua ponsel Android tersebut.

Ponsel Android kelas bawah (budget phone) memang telah membantu ponsel Android meraih momentum di Amerika, namun strategi Apple untuk menawarkan harga murah pada iPhone model lamanya terbukti telah berhasil. iPhone 3GS pertamakali dirilis tahun 2009 sebelumnya dijual AT&T dengan harga $99 dan diturunkan menjadi $49 untuk dua tahun kontrak.

Reputasi Apple dan harga yang murah ini telah membuat iPhone 3GS mempermalukan ponsel Android High End lainnya yang juga dilepas AT&T di Amerika. Strategi serupa juga diterapkan Apple untuk iPad ketika iPad 2 dirilis. Harga iPad pertama didiskon sebesar $100 dan terjual habis hanya dalam waktu 2 minggu.

Sementara Android saat ini saja perangkatnya masih terbagi-bagi dalam berbagai versi OS yang belum jelas kapan akan mendapat update resmi dari para manufaktur. Terlepas dari faktor tersebut, penjualan ponsel Android secara keseluruhan telah melebihi Apple dan sepertinya sulit untuk dikalahkan Apple dengan hanya 1 jenis ponsel saja. Lagipula apa gunanya memproduksi banyak ponsel bila berujung tidak laku atau malah membuat segmentasi dan membagi pasarnya sendiri.

0 comments:

Post a Comment