Teknologi Baru Kartu SIM Dari Apple

Apple dilaporkan tengah mengincar teknologi dari kartu SIM ubermikro yang akan memungkinkan perusahaan tersebut merancang iPhone dan iPad lebih tipis lagi.

Apple pertama kali memperkenalkan pemakaian MicroSIM pada saat peluncuran iPad tahun lalu. Pemakaian MicroSIM sangat membantu dalam menghemat ruang sehingga bisa lebih banyak tempat untuk komponen lain, yang dalam hal ini adalah lebih banyak tempat untuk batere.

Menurut Anne Bouverot, kepala layanan mobile Orange, Apple telah menyerahkan persyaratan baru ke badan standar telekomunikasi Eropa (ETSI) untuk bentuk SIM card yang lebih kecil.

Selain itu ukuran SIM yang lebih kecil juga memungkinkan Apple untuk membuat produk yang lebih kecil dan tipis. Karena banyak keuntungan itulah Apple tetap mempertahankan pemakaian MicroSIM pada iPhone 4 dan iPad 2.

Standar kartu SIM yang lebih kecil dari MicroSIM ini sedang di ajukan oleh Apple ke European Telecommunications Standards Institute (ETSI). Jika disetujui maka produk Apple nantinya dipastikan akan memakai kartu yang lebih kecil lagi daripada MicroSIM. Namun proses persetujuan (jika disetujui) tersebut memakan waktu paling tidak satu tahun, jadi penerus iPhone 4 tampaknya akan memakai MicroSIM.

Pada akhirnya penggunaan sim card yang lebih kecil dari biasanya ini akan dapat membuat Apple memaksimalkan produk nya tanpa harus membuat nya lebih besar. Rumor tentang penerus iPhone 4 juga mengatakan kalau ukuran bodi iPhone 4S/5 tidak akan lebih besar dari iPhone 4 meskipun menggunakan layar yang lebih besar. Selain itu tingkat ketipisan pun akan dapat ditekan.

Seperti yang diharapkan, kartu SIM ubermicro ini akan jauh lebih kecil lagi dari microchip yang sudah diadopsi di smartphone sebelumnya.

Namun, pejabat eksekutif Orange mencatat proses ini akan mengambil beberapa waktu untuk menyelesaikan. Yang pasti, perangkat pertama dengan kartu sim generasi terbaru itu tidak akan mencapai pasar sebelum 2012.


0 comments:

Post a Comment